Minggu, 30 April 2017

Lailatul Ikhtitam Qiro'ati dan Juz Amma

Santri dalam demo Juz Amma
        Malam ini (30/4) Pondok Pesantren API ASRI Tegalrejo Mengadakan acara Lailatul Ikhtitam Qiro'ati dan Juz Amma dengan peserta adalah santri yang telah setahun selesai belajar Qiro'ati . Perlu diketahui bahwa metode baca al-Qur’an Qira’ati ditemukan KH. Dachlan Salim Zarkasyi (w. 2001 M) dari Semarang, Jawa Tengah. Metode yang disebarkan sejak awal 1970-an, ini memungkinkan anak-anak mempelajari al-Qur’an secara cepat dan mudah. Kiai Dachlan yang mulai mengajar al-Qur’an pada 1963, merasa metode baca al-Qur’an yang ada belum memadai. Misalnya metode Qa’idah Baghdadiyah dari Baghdad Irak, yang dianggap metode tertua, terlalu mengandalkan hafalan dan tidak mengenalkan cara baca tartil (jelas dan tepat). Kiai Dachlan kemudian menerbitkan enam jilid buku Pelajaran Membaca al-Qur’an untuk TK al-Qur’an untuk anak usia 4-6 tahun pada l Juli 1986. Usai merampungkan penyusunannya, KH. Dachlan berwasiat, supaya tidak sembarang orang mengajarkan metode Qira’ati. Tapi semua orang boleh diajar dengan metode Qira’ati.
        Di PonPes API ASRI, Qiro'ati manjadi pelajaran inti bagi santri baru (kelas 1 / Ibtidaiyah) seperti yang di sampaikan pengasuh KH. Achmad Izzuddin,LcMSI dalam sambutannya "Qiro'ati menjadi pelajaran Inti di Pesantren ini. Karena dengan mempelajari Qiro'ati santri diharapkan dapat membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar. Ini menjadi penting salah satunya saat kita sholat ada rukun yang mengharuskan membaca ayat-ayat al-Quran tentunya degan baik dan benar"
        Rangkaian acara khataman ini antara lain adalah demo Juz Amma.yaitu membaca beberapa surat Juz Amma (juz 30). Santri yang bertugas pada demo Juz Amma ini memaksimalkan tugasnya . Dilihat dari para peserta dan tamu undangan yang sangat antusias dan larut dalam lantunan bacaan ayat-ayat al-Qur'an . Selain itu juga demo ghorib musykilat , tajwid dan demo pertanyaan yang dapat menjadi tolak ukur sejauh mana santri dalam mempelajari Qiroati ini .

By : Admin www.apiasri.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar