Kamis, 10 November 2016

Upacara Hari Pahlawan 10 November 2016

 
Hari Pahlawan Nasional yang jatuh hari ini, Kamis 10 November 2016 M / 10 Safar 1438 H turut diperingati di PonPes ASRI Tegalrejo . Upacara penghormatan bagi para pejuang bangsa berlangsung pagi ini di Halaman SMP Syubbanul Wathon .
Tampak dalam barisan, Pengurus Pembimbing API ASRI dan santri putra baik SMP, SMA,maupun SMK Syubbanul Wathon yang berjumlah sekitar 1.300 santri. Muhammad Baedlowi selaku kesiswaan SMK Syubbanul Wathon bertindak sebagai inspektur upacara kali ini.
Dalam awal amanatnya, disampaikan peristiwa pertempuran surabaya oleh pejuang bangsa termasuk didalamnya para Ulama pada tanggal 10 November 1945 . Beliau juga menyampaiakan empat spirit yang diajarkan Nahdlatul Ulama kepada peserta upacara . Keempat spirit tersebut yaitu ruhud diniyah (spriti keagamaan), ruhul wathaniyah(spirit kebangsaan), ruhut ta’addudiyah (spirit kebhinnekaan), dan ruhul insaniyah (spirit kemanusiaan). Semangat inilah yang dijunjung tinggi Nahdlatul Ulama sepanjang berdiri.

Peran santri dalam mengisi kemerdekaan juga telah diakui oleh pemerintah, salah satunya pada tahun ini almarhum Kiai Raden As'ad Syamsul Arifin ditetepkan sebagai pahlawan nasional oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara  . Kiai As'ad merupakan pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah di Desa Sukorejo, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo. Untuk mendapat gelar pahlawan nasional, seorang tokoh paling tidak harus pernah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata, perjuangan politik atau perjuangan dalam bidang lain untuk mencapai, merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.
Upacara ini diadakan tak lain dengan tujuan untuk menghormati jasa para pejuang bangsa, menumbuhkan rasa nasionalisme bagi santri dan juga mengajak santri untuk tetap ikut dalam menjaga kesatuan NKRI seperti yang telah dilakukan oleh Kyai-Kyai terdahulu.
By : Admin www.apiasri.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar